Cara Mengelola Gula Merah Dari Tebu

Cara Mengelola Gula Merah Dari Tebu

Cara Membuat Gula Merah Dari Tebu Dengan Cepat.

Jika selama ini, bahan baku gula merah kebanyakan berbahan baku pohon aren atau kelapa sawit, atau kelapa, ada lagi gula merah yang terbuat dari tebu. Simak video tentang cara membuat gula merah dari tebu dengan cepat.

Gula merah dari tebu ini pastinya punya rasa yang manis dan aromanya pun seperti gula aren atau gula kelapa.

Berikut Cara Membuat Gula Merah dari Tebu :

  1. Bersihkan batang tebu yang telah dipanen  dan ditebang dari bagian-bagian pucuk, akar yang ada pada ruas, dan tanah atau kotoran lainnya yang menempel pada kulit luar tebu.
  2. Kemudian giling batang tebu yang sudah kita bersihkan tadi dengan alat penggiling, sehingga menghasilkan air nira tebu yang berwarna keruh.
  3. Kemudian kita salurkan nira melalui selang yang bersih, dan tampung dalam drum atau wadah sambil disaring dengan kain penyaring untuk membuang sisa-sisa ampas tebunya.
  4. Setelah itu masukkan nira yang sudah bersih ke dalam wajan.
  5. Setelah itu kita tambahkan 0,2% kapur ke dalam wajan dengan tujuan untuk memisahkan zat-zat yang buka gula dan biar gulanya jadi gak lembek.
  6. Jaga apinya sampai niranya mendidih, kalau sudah kita saring nira tersebut.
  7. Kemudian kita panaskan lagi niranya untuk bisa menguapkan airnya. Nah selama penasan ini, kita buang buihnya yang mengapung di permukaan air niranya, biar gak memengaruhi mutu gula yang dihasilkan. Jadi harus kita cek secara berkala ya.
  8. Langkah selanjutnya itu kita lakukan pengujian nira kental atau gulali atau kristal atau apapun namanya lah dengan cara meneteskan niranya ke dalam air dingin. Kalau misalnya tetesannya itu memadat di dalam air, berati pemanasannya sudah cukup, jadi nira kentalnya bisa segera kita cetak. Tapi kalau tetesannya itu belum nyebar atau larut dalam air, berati pemanasannya harus tetap kita lanjutkan sampai cukup untuk bisa kita cetak.
  9. Angkat nira kentalnya ke dala wadah besar sambil kita aduk-aduk selama kurang lebih 15 menit biar cepat dingin, gak lengket, dan warnanya jadi lebih kuning. Kalau suhunya sudah mencapai 60 C, kristalnya itu bisa segera kita cetak.
  10. Masukkan nira kentalnya ke dalam cetakan atau wadah atau tumbu atau mangkok atau apapun itulah, terus dibiarkan selama beberapa waktu sampai dingin menjadi gula merah.

 

Sumber : dari berbagai sumber

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Call Now Button