Tips Bila Anak Muntah

Tips Bila Anak Muntah

Ada pertanyaan dari seorang ibu yang mempunyai putri yang berusia 13 bulan, ingin bertanya apa perbedaan muntah karena masuk angin dengan muntah karena radang tenggorokan?, dan bagaimana cara penanganan pertama ketika anak muntah?

Muntah memang lebih sering terjadi pada bayi dibanding orang dewasa. Asal tidak berlanjut, sebetulnya bisa sembuh sendiri. Kalau berlanjut, segera dibawa berobat ke dokter terdekat. Apakah muntahnya karena masuk angin atau radang tenggorokan, akan diperika oleh dokter. Jika penyebabnya radang tenggorokan, tentu saat dibuka mulutnya dengan spatel, akan tampak tenggorokan yang kemerahan karena peradangan. Sedang muntah yang terjadi karena masuk angin, saat diperiksa pakai stetoskop, akan didapatkan bising usus lebih ‘heboh’ dari yang normal.

Nah, jika Anda mendapati anak Anda muntah sekali saja, Anda tidak perlu khwatir, cukup beri minum air putih setelah muntah. Namun jika berulang bahkan terus-menerus Anda perlu membawnya ke dokter untuk diperiksa. Demikian semoga jawaban ini cukup membantu.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Call Now Button